Selasa, 28 Oktober 2014

Social Networking, Mobile Commerce, and Online Auctions

Social Networking

Social Networking ( Jaringan sosial ) merupakan hubungan-hubungan yang tercipta antar banyak individu dalam suatu kelompok ataupun antar suatu kelompok dengan kelompok lainnya. Hubungan-hubungan yang terjadi bisa dalam bentuk yang formal maupun bentuk informal.

Ringkasan perkembangan jaringan sosial dan analisis jaringan sosial telah ditulis oleh Linton Freeman.  Prekursor jaringan sosial di akhir 1800-an termasuk Émile Durkheim dan Ferdinand Tönnies. Tönnies berpendapat bahwa kelompok-kelompok sosial dapat eksis sebagai ikatan sosial pribadi dan langsung yang baik perseorangan link yang berbagi nilai-nilai dan kepercayaan (gemeinschaft) atau hubungan sosial impersonal, formal, dan instrumental (gesellschaft). Durkheim memberikan penjelasan non-individualistis fakta sosial berargumen bahwa fenomena sosial muncul ketika individu berinteraksi merupakan suatu realitas yang tidak bisa lagi dipertanggungjawabkan dalam hal sifat-sifat pelaku individu. Ia membedakan antara masyarakat tradisional - "solidaritas mekanik" - yang berlaku jika perbedaan individual diminimalkan, dan masyarakat modern - "solidaritas organik" - yang berkembang dari kerjasama antara individu dibedakan dengan peran independen.


Mobile Commerce

Definisi
Merupakan proses transaksi yang dilakukan dengan menggunakan perangkat mobile . Mobile Commerce (m-commerce) merupakan subset dari e-Commerce, yang didefinisikan sebagai proses transaksi yang dilakukan secara elektronik, baik melalui internet, smart card maupun perangkat mobile melalui jaringan seluler.

Perangkat yang digunakan dalam Mobile Commerce (m-commerce)
Pada umumnya, perangkat end user yang digunakan pada proses Mobile Commerce (m-commerce) adalah sebagai berikut:
  •  Handphone
  • Smart Phone
  • PDA
  • Laptop
  • Earpiece (Personal Area Network)
Kelebihan dan Kekurangan Mobile Commerce (m-commerce)

Kelebihan
  • Ubiquity: pengguna dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja.
  • Security: pada umumnya handset dilengkapi dengan smart card reader dan smart card-nya itu sendiri. Sehingga dapat digunakan sebagai secret authentication key.
  • Localization: memungkinkan diterapkannya location based services.
  • Convenience: ukuran dan berat dari handset membuat pengguna nyaman dalam bertransaksi.
  • Personalization: handphone merupakan perangkat yang bersifat personal, sehingga memungkinkan untuk menawarkan layanan / produk yang bersifat personal.
Kekurangan
  • Keterbatasan perangkat.
  • Tingkat keberagaman perangkat, jaringan dan operating sistem yang sangat tinggi, membutuhkan standardisasi platform antar vendor. Antara lain telah diatasi oleh J2ME.
  • Tingginya tingkat kehilangan / pencurian handphone.
  • Bertambahnya tingkat kerawanan terhadap security ketika data ditransfer melalui air interface.
Karakteristik Mobile Commerce (m-commerce)




















Lelang Online

lelang online atau online auction adalah lelang yang diselenggarakan melalui internet. Lelang online memang perlu dibahas tersendiri selain model bisnis lelang konvensional yang telah dibahas pada kesempatan sebelumnya, karena prospek model bisnis ini yang cukup menjanjikan. Lelang online muncul dalam berbagai format, yang paling populer antara lain lelang inggris dengan sistem penawaran naik, lelang belanda dengan sistem turun, Harga-pertama dengan tawaran tertutup, lelang vickrey, atau kadang-kadang kombinasi dari beberapa lelang. Ruang lingkup dan jangkauan lelang kini telah terdorong oleh internet. 

Jenis-jenis Lelang Online
1. Lelang Inggris
Lelang Inggris adalah lelang dimana tawaran yang diumumkan oleh salah satu juru lelang atau oleh peserta tender dan pemenang akan membayar apa yang mereka ajukan untuk menerima objek. Lelang Inggris yang diklaim sebagai bentuk paling umum dari semua on-line format lelang yang digunakan dan dianggap sebagai yang paling sederhana dari semua bentuk.
2. Lelang Belanda
Lelang Belanda adalah kebalikan dari lelang Inggris dimana harganya mulai tinggi dan secara sistematis diturunkan sampai pembeli menerima harga.
3. Lelang harga-pertama dengan penawaran tertutup
Lelang harga-pertama dengan penawaran tertutup  adalah ketika tawaran tunggal dibuat oleh semua pihak penawaran dan yang menang adalah penawar tunggal tertinggi, dan membayar apa yang mereka ajukan.
4. Lelang Vickrey
Lelang hampir mirip dengan  lelang harga-pertama dengan penawaran tertutup hanya saja pemenang hanya hanya membayar sebesar jumlah yang ditawarkan penawar tertinggi kedua.
5. Lelang Terbalik Lelang terbalik atau reverse adalah lelang dimana peran pembeli dan penjual yang terbalik. Beberapa penjual bersaing untuk mendapatkan bisnis pembeli dan harga biasanya menurun dari waktu ke waktu sebagai penawaran baru yang dibuat. Mereka tidak mengikuti format lelang khas dimana pembeli dapat melihat semua penawaran dan dapat memilih yang mereka inginkan. Lelang terbalik digunakan terutama dalam konteks bisnis untuk pengadaan barang.
 6. Lelang Bidding-fee
Adalah fee yang dikenakan pemilik web untuk setiap kenaikan harga penawaran barang yang dilelang.
Sistem lelang online saat ini berkembang amat  pesat namun ada berbagai kekurangannya juga antara lain pemilik situs terlalu memanfaatkan kesempatan secara berlebihan dengan mengambil fee yang terlalu tinggi.  Meningkatnya popularitas menggunakan lelang online telah menyebabkan peningkatan aktivitas penipuan dan pencurian barang yang dijual lewat situs lelang.  Menurut statistik dari polisi ada lebih dari 8000 kejahatan yang melibatkan barang curian, penipuan atau penipuan yang dilaporkan di eBay pada tahun 2009.

Lelang online mempunyai beberapa keuntungan diantaranya :

Keuntungan :

1. Tidak Terbatas oleh Waktu.
Dengan lelang online, Anda dapat melakukan penawaran kapanpun Anda mau, 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
2. Tidak Terbatas oleh Tempat.
Anda tidak perlu melihat wajah saingan-saingan yang ikut menawar item favorit Anda, karena bisa jadi Anda dan mereka berdiri pada benua yang berbeda, tentunya selama tempat tersebut terjangkau Internet.
3. Jumlah Penawar yang Besar.
Jika seluruh penawar pada sebuah website lelang online yang besar (misalnya eBay) dikumpulkan menjadi satu, rasanya tidak akan ada tempat yang nyaman untuk menampung mereka semua. Sementara semakin banyak penawar, maka itulah yang diharapkan oleh pengelola lelang. Lelang online menyediakan ruang yang cukup sekalipun semua manusia di dunia berpartisipasi.
4. Jumlah Penjual yang Besar.
Dengan adanya jumlah penawar yang besar, tentunya juga memicu penjual untuk memasang barangnya, tentunya ini harus didukung oleh kemudahan-kemudahan yang disediakan pada website yang bersangkutan.
5. Jaringan Ekonomi.
Dengan adanya jumlah penawar yang besar, akan memicu lebih banyak penjual, demikian juga sebaliknya. Hal ini akan menimbulkan siklus ekonomi permintaan dan persediaan, menjadikan sebuah sistem yang berguna bagi pesertanya.

kerugiannya :

1.  Kegagalan dalam mengirimkan barang.  Jadi tempat penjual yang menawarkan barang tersebut tidak ada atau barang yang sudah dibeli tersebut tidak dikirimkan oleh penjual.
2.  Tidak ada pembayaran pada saat barang tersebut sudah dikirimkan. Jadi penjual mengirimkan barangnya kepada penawar tertinggi akan tetapi tidak menerima pembayaran.
3.  Kesalahan pada saat menjelaskan barang yang ditawarkan. Jadi penjual memberikan informasi yang salah tentang barang yang mereka tawarkan.
4.   Pembayaran yang tidak disebutkan. Jadi penjual memberikan tambahan biaya tanpa diketahui oleh pembeli. Misalkan untuk biaya pengiriman, sehingga menyebabkan pembeli membayar seperti yang tidak diharapkan.
5.  Penawaran palsu. Jadi penjual menawarkan barangnya dan ada orang lain yang menawar barang dengan tujuan untuk menaikkan harga.
6.  Penipuan kartu kredit. Jadi penjual menggunakan kartu kredit pembeli untuk penipuan atau pembeli melakukan penipuan kartu kredit untuk membeli barang tersebut.
7. Barang black market. Jadi penjual menawarkan barang curian atau bajakan. Contohnya adalah software, musik Cd dan Video.
8.   Layanan Escrow Palsu. Jadi setelah melakukan lelang, layanan Escrow palsu tersebut menerima pembayaran dari pembeli akan tetapi uang tersebut hilang tanpa dibayarkan ke penjual.

Kesimpulan 

Kehadiran Teknologi Informasi (TI) berupa internet membuat sektor perdagangan di dalam dan di luar negri semakin maju pesat. Hal ini di buktikan dengan kehadiran transaksi perdagangan elektronik yang akan memperlacar sistem produktifitas dan pendistribusian barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan konsumen. contoh nya perdagangan elektronik yang ada seperti Social Networking, Mobile Commerce, lelang online. dengan memanfaatkan ketiga jaringan tersebut kita akan mudah untuk melakukan suatu bisnis jual beli yang dapat di lakukan dimana saja

Selasa, 07 Oktober 2014

( Tugas E-Commerce Ke 4 )

Case
Ct. Lonely Planet

In 1992, Tony and Maureen Wheeler were newlyweds who decided to have one last adventurous travel experience before settling down. Their trip was an overland trek from London to 
Australia through Asia. So many other travelers asked them about their experiences that they sat down at their kitchen table and wrote a book titled Accross Asia on the Cheap. They published the book themselves and were surprised by how many copies they sold. More than three decades and 60 million books later, their publishing enterprise has turned out to be one of the most successful in history.

The Wheelers’ publishing company, Lonely Planet, has grown rapidly with typical annual sales increase of 20 percent or more. In 2007, BBC Worldwide purchased a 75 percent ownership interest in the company. Lonely Planet TV now produces a variety of travel and documentary programs that appear on cable networks throughout the world. The company is privately held and does not release sales figure, but industry analysts estimate current annual revenues to be about $85 million. Lonely Planet publishes more than 600 titles and holds a 16 percent share of the travel guide market. The company has more than 400 employees in its UK, U.S., French, and Australian offices performing editorial, production, graphic design, and marketing tasks. Travel guide content is written by a network of more than 300 contract authors in 22 countries. These authors are knowledgeable about everything from visa regulations to hotel prices to the names of the hootest new entertainment spots. The combined expertise of the in-house staff and the in-country authors has kept Lonely Planet ahead of its competitors for many years.
Lonely Planet also offers travel services that include a phone card, hotel and hostel room-booking, airplane tickets, European rail travel reservations and tickets, package tours, and travel insurance. These services are sold by telephone and on the Lonely Planet Web site.
            The web site has won numerous awards, including the society of American. Travel writers Silver Award and a spot on Time magazine “Fitty Best Web Sites” tist, it has also won the best travel site Webby multiple times. The site was launched in 1994 and includes an online store in which lonely Planet publication are sold However, the site’s main draws are its comprehensive collection of information about travel destinations and its online discussion area, the Thorm Tree, which has nearly a half million registered users.
            Lonely Planet is always looking for ways to expand its market and brand image through new technologies. For example, it offers audio phrasebooks and city guides that can be download to several brands of smart phones.
            Despite its excellent Web site and its use of new technologies, most of Lonely Planet’s revenues are still generated by book sales. The typical production cycle of a travel guide is about eight months long. This is the time it takes to commission authors, conduct research, work through several drafts of writing and editing, select photos, create the physical book, and print it. This production cycle cause new books to be almost a year out of date by the time they are published only the most popular titles are revised annually. Other titles are on two-,three-, or four – year revision cycles. The time delay in publication means that many details in the guides are outdated or wrong, restaurants and hotels close (or move), exchange rates and visa regulation change, and once – hot night spots are abandoned by fickle clientele.
            Lonely Planet publication are well researched and of nigh of high quality, but the writers do not work continually because the books are not published continually, the Web site often has information that is more current than the published travel guides. The site’s online shop does offer some custom guides, which are parts of its existing travel guides packaged in different ways, and it does let customers buy specific chapters from its books, but it still is largely focused on selling books. Lonely Planet has adopted new technologies, but has not used them to change its revenue model in major way or to make basic change in the production of its main product, the travel guides.

Required
1.      Prepare a report in which you analyze the marketing channel conficts and canniballzation issues that lonely Planet faces as it is currently operating. Suggest solutions that night reduce the revenue losses or operational frictions that result from these issues.
2.      Prepare a list of new products or services that lonely planet night introduce to take advantage of internet technologies (including wireless technologies for mobile devices ) and address customers’ concerns about the timeliness and currency of information in the printed travel guides. Briefly describe any problems that Lonely Planet will face as it introduces these new products.
3.      Many loyal lonely planet customers carry their travel guides (which can be several hundred pages thick ) with them as they travel around wold, in many cases, these customers do not use large portions of the travel guides, Also, Internet access can be a problem for many of these customers while they are traveling. Describe a product ( or products ) that might address this customer concern  and also yield additional revenue for lonely Planet, your answer here could build on ideas that you developed in your solution to part 2.

Note : your instructor might assign you to a group to complete this case and might ask you to prepare a formal presentation of your results to your class. 

Rabu, 01 Oktober 2014

Electronic CommerceNinth Edition

Bab 3 
Jual di Web : Model Pendapatan dan Membangun Web Presense Elektronik

Model pendapatan
• model menghasilkan pendapatan bisnis Web
- Katalog Web
- Konten digital
- Iklan - didukung
- Iklan - berlangganan dicampur
- Biaya – berbasis
• Dapat bekerja untuk kedua jenis dijual
- Bisnis - to - consumer (B2C)
- Bisnis - to - business (B2B)
• Dapat menggunakan model pendapatan yang sama untuk kedua jenis penjualan

Web Katalog Model Pendapatan
• Diadaptasi dari mail - order (katalog) Model
- Penjual menetapkan brand image
- Informasi Dicetak dikirimkan kepada calon pembeli
• Pesanan ditempatkan oleh mail atau nomor telepon bebas pulsa
• Perluas model tradisional
- Menggantikan atau suplemen mencetak katalog
- Menawarkan fleksibilitas
• Pesanan ditempatkan melalui situs web atau telepon
• Pembayaran dilakukan dengan situs web, telepon, atau surat
- Menciptakan outlet penjualan tambahan untuk perusahaan yang sudah ada
• Komputer dan elektronik konsumen
- Produsen komputer terkemuka
• Menjual berbagai macam produk di Web
- Dell memungkinkan fleksibilitas konfigurasi yang produk
• Menciptakan nilai
- Crutchfield
• Perluasan pesan yang sukses - untuk operasi katalog termasuk situs Web
- Best Buy, J & R Music World, Radio Shack
• Situs Web menjual produk yang sama seperti di toko-toko
• Barang Mewah
- Sulit untuk berjualan secara online
• Pelanggan ingin melihat produk secara langsung atau sentuhan
- Vera Wang dan Versace
• Situs Web memberikan informasi
• pembelian Shopper di toko fisik
• Berat penggunaan grafis dan animasi
- Situs Web Evian
• Menyajikan informasi dengan cara visual yang menakjubkan
• pengecer Pakaian
- Banyak diadaptasi model penjualan katalog untuk Web
- Foto pakaian Tampilan dikategorikan menurut jenis
• Harga, ukuran, warna, detail menjahit
- Ingin pelanggan untuk memeriksa pakaian online
• Tempat order melalui situs Web
- End bantuan Web belanja online Lands '
• Lands 'End Hidup (1999)
• teks chat online dan panggilan - fitur kembali
• Kemampuan untuk mendorong halaman web ke browser pelanggan

Digital yang Konten Pendapatan Berlangganan Model
• Perusahaan yang memiliki informasi atau informasi hak ditulis
- Merangkul Web sebagai mekanisme distribusi yang sangat efisien
- Gunakan model pendapatan digital konten
• langganan Jual untuk mengakses informasi mereka sendiri
• konten Legal
- LexisNexis: menawarkan berbagai layanan informasi
- Lexis.com: menawarkan produk informasi hukum asli
• konten penelitian Akademik
- ProQuest: salinan digital dari publikasi akademik
• konten Bisnis
- Dow Jones koran langganan penerbit
• Terjual digital koran, langganan majalah, dan konten jurnal
• Factiva: manajemen konten online dan integrasi layanan
• konten Teknis
- Asosiasi Mesin Komputer (ACM): perpustakaan digital

Iklan - Didukung Pendapatan model
• Digunakan oleh Amerika Serikat jaringan televisi siaran
- Menyediakan program gratis dan pesan iklan
• Mendukung operasi jaringan yang cukup
• Masalah: tampilan pengunjung pengukuran dan situs pengisian
- Kelekatan  
• Menjaga pengunjung di situs dan menarik pengunjung berulang
• Terkena lebih iklan di situs lengket
• Masalah: memperoleh bunga pengiklan besar
- Membutuhkan pengumpulan informasi demografi
• Karakteristik set digunakan untuk pengunjung grup
• ESPN
- Memanfaatkan nama merek dari bisnis televisi kabel
- Iklan Menjual, menawarkan informasi gratis
- Model Campuran termasuk iklan dan pendapatan langganan (mengumpulkan pendapatan pelanggan Insider)
• Konsumen Union (ConsumerReports.org)
- Murni situs langganan yang didukung
- Tidak-untuk organisasi nirlaba tanpa iklan
- Informasi Gratis
• Menarik pelanggan dan memenuhi misi

Biaya-untuk-Transaksi Pendapatan Model
• Biaya Layanan yang dibebankan
- Berdasarkan jumlah atau ukuran transaksi
• Situs Web menawarkan informasi transaksi Pengunjung
- Layanan pribadi yang sebelumnya disediakan oleh agen manusia
• rantai nilai
- Disintermediasi
• Perantara (agen manusia) dihapus
- reintermediation
• perantara Baru (situs Web fee-for-transaksi) diperkenalkan
• Wisata
  - Model pendapatan agen perjalanan: menerima biaya untuk memfasilitasi transaksi
    • Agen perjalanan menambahkan konsolidasi informasi dan nilai penyaringan
  - Komputer juga pandai konsolidasi informasi dan penyaringan
    • Agen perjalanan telah lama menggunakan jaringan komputer: Sabre Travel Network
  - Internet memberikan cara baru untuk melakukan bisnis online
  - Agen perjalanan berbasis web adalah pendatang baru
   • Contoh: Travelocity, Expedia, Hotels.com, Hotel Diskon Reservasi, Orbitz
   • Menghasilkan pendapatan iklan dari iklan yang ditempatkan di perjalanan halaman informasi
  - Agen perjalanan Tradisional: diperas
   • lembaga Bertahan membebankan biaya tetap
  - Agen perjalanan kecil spesialis (kapal pesiar, hotel)
   • Dapat menggunakan strategi reintermediation

Biaya-untuk-Dinas Pendapatan Model
• Perusahaan menawarkan layanan Web
  - Biaya berdasarkan nilai layanan
    • Tidak layanan perantara
    • Tidak didasarkan pada transaksi-diproses jumlah atau ukuran
• Permainan Online
  - Sumber pendapatan Penjualan
    • Periklanan (konsep lama), bayar-to-play untuk game premium, biaya berlangganan
  - Game player rata berusia 35 tahun, bermain komputer atau video game selama 12 tahun
• layanan profesional
  - Penggunaan Web Terbatas
    • Negara hukum melarang perpanjangan praktek
    • Pasien dapat menetapkan janji, menerima konsultasi online
 - Perhatian utama
    • privasi pasien
  - Hukum di situs Web
    • Konsultasi Hukum ke Britania Raya penduduk
  - Martindale.com
    • Versi online dari Martindale-Hubbell direktori pengacara

Banyak Gratis, Biaya Sedikit
• Ekonomi manufaktur
  - Berbeda untuk produk fisik dan digital
  - Unit biaya persentase yang tinggi dari produk fisik
  - Unit biaya yang sangat kecil untuk produk digital
• Menghasilkan model pendapatan yang berbeda
  - Tawarkan produk dasar bagi banyak gratis
  - Mengisi biaya untuk beberapa produk dibedakan
• Contoh: account Yahoo e-mail, bakery: gratis cookie

Model Pendapatan dalam Transisi
• Perusahaan harus mengubah model pendapatan
- Untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan mengubah Web baru
• Beberapa perusahaan menciptakan situs web e-commerce
- Dibutuhkan bertahun-tahun untuk tumbuh cukup besar untuk menjadi menguntungkan (CNN dan ESPN)
• Beberapa perusahaan mengubah model atau keluar dari bisnis
- Karena panjang fase pertumbuhan menguntungkan

Berlangganan Iklan-Didukung Model
• Slatemagazine
   - Berita kelas atas dan kejadian terkini
• harapan Sukses yang tinggi
   - Penulis berpengalaman dan editor
   - Acclaim untuk pelaporan tajam dan menulis yang sangat baik
• sumber pendapatan awal
  - Langganan tahunan tidak menutupi biaya operasional
• Sekarang situs iklan-didukung
  - Bagian dari portal Bing
    • Nilai untuk Microsoft: meningkatkan kekakuan portal

Iklan-Didukung untuk Iklan-Berlangganan Model  Campuran
• Salon.com
- Diakui atas konten-konten inovatif
• sumber pendapatan awal
- Situs Iklan didukung
- Dibutuhkan uang tambahan untuk melanjutkan operasi
• Sekarang menawarkan versi berlangganan opsional
- Biaya tahunan untuk premium Salon
• Gratis iklan
• konten tambahan
• Download konten

Bagaimana Web Berbeda
• Sederhana pertengahan 1990-an situs web
  - Disampaikan informasi bisnis dasar
  - Tidak ada riset pasar yang dilakukan
• pencapaian tujuan Web
  - Gagal karena tidak ada pemahaman untuk Web presencebuilding Media
• Situs Web yang dirancang untuk menciptakan organisasi kehadiran:
  - Mengandung link ke informasi standar set
  - Tergantung pada bagaimana informasi ini ditawarkan Sukses

Situs Web Usability
• kehadiran Web sekarang
- Beberapa bisnis mencapai semua tujuan
- Sebagian besar gagal untuk memberikan pengunjung yang cukup interaktif
kesempatan kontak
- Kehadiran Web Meningkatkan
• Membuat situs diakses lebih banyak orang
• Membuat situs lebih mudah digunakan
• mendorong situs Membuat kepercayaan pengunjung
• Membuat situs mengembangkan perasaan kesetiaan terhadap
organisasi

Usability Testing
• Pentingnya
- Membantu tujuan situs Web bertemu
- Menghindari situs Web frustrasi
• Pelanggan meninggalkan situs tanpa membeli apa-apa
- Situs Wikipedia perubahan kegunaan
• Sertakan informasi kontak telepon
• Staf call center
- Pelajari tentang kebutuhan pengunjung dengan melakukan kelompok fokus
- Biaya pengujian Usability
• Rendah dibandingkan dengan biaya desain situs web

Ringkasan
• Enam model pendapatan utama Web
   - Model kerja yang berbeda
   - Jenis usaha yang berbeda menggunakan model yang berbeda
   - Perusahaan mengubah model karena mereka belajar lebih banyak tentang:
     • Pelanggan, lingkungan bisnis
• konflik Channel dan kanibalisasi tantangan
   - Salah satu pendekatan: kerjasama channel
• Kehadiran Web Efektif memberikan nilai pelanggan
   - Pengunjung situs web datang dengan berbagai harapan, pengetahuan sebelumnya, tingkat keterampilan, teknologi

• Komunikasi Web cocok antara pribadi kontak dan media massa